Jalur Prestasi Hasil Lomba PPDB SMAN/SMKN Jawa Timur 2023/2024

 


#sobatspenduta Berikut Info PPDB SMAN/SMKN Jawa Timur TA 2023/2024

I.       PERSYARATAN PPDB

a.     Calon peserta didik baru SMA atau SMK berusia paling tinggi 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 1 Juli 2023 dengan dibuktikan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisasi oleh lurah/kepala desa yang berwenang sesuai dengan domisili calon peserta didik baru.

b.     Calon peserta didik baru jenjang SMA atau SMK telah menyelesaikan kelas 9 (sembilan) SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama atau setara SMP atau MTs dibuktikan dengan ijazah atau dokumen lain yang menyatakan kelulusan misalnya surat keterangan lulus (SKL).

c.      Calon peserta didik baru jenjang SMA atau SMK merupakan lulusan SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama atau setara SMP atau MTs tahun 2023 atau lulusan tahun sebelumnya.

d.     Calon peserta didik baru jenjang SMA atau SMK wajib terdaftar dalam kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran tahap I PPDB tahun 2023 tanggal 19 Juni 2023, dan dapat dengan memanfaatkan data kependudukan dan catatan sipil yang disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri.

e.     Dalam hal kartu keluarga sebagaimana dimaksud pada huruf (d) tidak dimiliki oleh calon peserta didik baru karena keadaan tertentu, maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili (SKD) yang diterbitkan oleh lurah/kepala desa atau pejabat setempat lain yang berwenang tanpa dibatasi masa mulai berdomisili, dan melampirkan foto copy surat keputusan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat tentang status keadaan bencana.

f.       Keadaan tertentu sebagaimana dimaksud pada huruf (e) meliputi:

1.     bencana alam; dan/atau

2.     bencana sosial, di antaranya pengungsi akibat kerusuhan atau konflik sosial.

Catatan:

Menurut Undang-Undang No. 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana, disebutkan ada tiga jenis bencana, yakni bencana alam, nonalam dan sosial. Bencana Non alam diakibatkan oleh rangkaian peristiwa nonalam berupa gagal teknologi, gagal modernisasi, epidemi, pandemi dan wabah penyakit. Wabah Corona Virus Disease (Covid-19) dikategorikan masuk dalam bencana nonalam.


 

 

g.     Untuk kartu keluarga baru yang diterbitkan kurang dari 1 (satu) tahun karena sesuatu hal, harus dilampiri surat keterangan yang dikeluarkan oleh Ketua RT serta diketahui oleh Ketua RW dan Kepala Desa/Lurah setempat sesuai dengan kartu keluarga baru, dengan disertai penjelasan alasan perubahan kartu keluarga. Sesuatu hal meliputi:

1.     Kartu keluarga baru karena penambahan/pengurangan anggota keluarga selain calon peserta didik baru, dengan penjelasan bahwa calon peserta didik baru telah masuk dalam kartu keluarga paling singkat 1 (satu) tahun sebelum tanggal pendaftaran tahap I PPDB tahun 2023, tanggal 19 Juni 2023; dan

2.     Kartu keluarga baru karena pindah rumah, dengan penjelasan bahwa calon peserta didik baru adalah anak kandung.

h.     Bagi calon peserta didik baru dari pondok pesantren/panti asuhan/panti sosial mengikuti tempat kedudukan lembaga, dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga.

i.       Jenjang SMK dengan bidang keahlian, program keahlian, atau kompetensi keahlian/konsentrasi keahlian tertentu dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam penerimaan peserta didik baru kelas 10 (sepuluh).

j.       Persyaratan usia sebagaimana dimaksud pada huruf (a) dikecualikan untuk sekolah dengan kriteria:

1.     Menyelenggarakan pendidikan khusus;

2.     Menyelenggarakan pendidikan layanan khusus;

3.     Sekolah di wilayah kepulauan, kegunungan, dan pedalaman;

4.     Sekolah di daerah yang jumlah penduduk usia sekolah tidak dapat memenuhi ketentuan jumlah peserta didik dalam 1 (satu) rombongan belajar.

k.      Calon peserta didik baru penyandang disabilitas telah menyelesaikan jenjang SMP/bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama atau setara SMP atau MTs.

l.       Calon peserta didik baru jalur penyandang disabilitas mempunyai hasil asesmen awal (asesmen fisik/Psikologis, Akademik, Fungsional, Sensorik dan Motorik oleh Psikolog, Psikiater, Dokter Spesialis) dan surat keterangan dari Kepala Sekolah asal yang menerangkan kelompok difabel siswa (netra, rungu, grahita, daksa, laras, down syndrome, autis, slow learning, ganda).

m.    Bagi sekolah jenjang SMA/SMK yang berada di kabupaten/kota perbatasan langsung dengan luar provinsi Jawa Timur dapat menerima calon peserta didik dari luar provinsi Jawa Timur yang berbatasan selama pagu belum terpenuhi tanpa dibatasi kuota.

n.     Calon peserta didik baru kelas 10 (sepuluh) SMA/SMK yang berasal dari sekolah di luar negeri selain memenuhi persyaratan pada huruf (a) dan (b) harus mendapatkan surat rekomendasi izin belajar, dan permohonan surat rekomendasi izin belajar disampaikan kepada direktur jenderal yang membidangi pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah untuk calon peserta didik baru SMA, dan direktur jenderal yang membidangi pendidikan vokasi untuk calon peserta didik baru SMK.

o.     Bagi sekolah yang menerima peserta didik warga negara asing wajib menyelenggarakan matrikulasi Pendidikan Bahasa Indonesia paling singkat 6 (enam) bulan yang diselenggarakan oleh sekolah yang bersangkutan.

p.     Dalam hal sekolah yang menerima peserta didik warga negara asing tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud pada huruf (o) dikenai sanksi administratif berupa peringatan tertulis.

q.     Calon peserta didik baru, tidak sedang terlibat dalam tindak pidana dan penyalahgunaan narkoba, tidak bertato dan/atau tidak bertindik bagi calon peserta didik baru laki-laki, dan tidak bertindik bukan pada tempatnya bagi calon peserta didik baru wanita, dengan mengisi isian surat pernyataan.

r.      Persyaratan khusus bagi calon peserta didik baru SMK:

1.     Calon peserta didik tidak boleh buta warna pada:

 

No

Bidang Keahlian/Program

Keahlian/Konsentrasi Keahlian

Keterangan

 

1

Teknologi Manufaktur dan Rekayasa :

Semua Konsentrasi Keahlian

 

 

2

 

 

Energi dan Pertambangan

Konsentrasi Keahlian pada Program Keahlian Teknik

Ketenagalistrikan

3

Teknologi Informasi

Semua Konsentrasi

Keahlian

 

 

 

4

 

 

Kesehatan dan Pekerjaan Sosial

Asisten Teknik Laboratorium Medik

Farmasi Klinis dan Komunitas

Farmasi Industri

 

 

 

 

5

 

 

 

 

Seni dan Ekonomi Kreatif

Seni Lukis

Desain Komunikasi Visual

Kriya Kreatif Batik dan Tekstil

Kriya Kreatif Kulit

dan Imitasi

Teknik Grafika

Kriya Kreatif Keramik

Animasi

Desain dan Produksi Busana

6

Pariwisata

Tata Kecantikan

Kulit dan Rambut



 

 

 

 

2.     Calon peserta didik tinggi badan paling rendah 153 cm untuk wanita dan paling rendah 158 cm untuk laki-laki pada:

No

Bidang Keahlian/Program Keahlian/ Konsentrasi Keahlian

Keterangan

1

Usaha Layanan Pariwisata

-

2

Perhotelan

-

3

Teknik Alat Berat

-

4

Teknik Mekanik Industri

 

5

Teknik Pemesinan

 

 

s.      Pembentukan kelas industri bagi SMK dapat dilakukan setelah pelaksanaan PPDB dan dilakukan di sekolah masing masing dan tidak boleh menambah pagu.

 

II.     TAHAP DAN JALUR PENDAFTARAN PPDB

A.       TAHAP PENDAFTARAN PPDB

1.        Tahap dan jalur pendaftaran PPDB tahun pelajaran 2023/2024 sebagai berikut:

a.     Tahap I (Online)

1)     Jalur Afirmasi (SMA/SMK)

2)     Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/wali (SMA/SMK)

3)     Jalur Prestasi Hasil Lomba (SMA/SMK)

b.     Tahap II (Online)

Jalur Prestasi Nilai Akademik (SMA)

c.      Tahap III (Online) Jalur Zonasi (SMK)

d.     Tahap IV (online) Jalur Zonasi (SMA)

e.     Tahap V (online)

Jalur Prestasi Nilai Akademik (SMK)

2.        Ketentuan mengenai tahap dan jalur pendaftaran PPDB sebagaimana dimaksud dalam angka 1 dikecualikan untuk sekolah sebagai berikut:

a.     Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus (SMANOR, SMKN 12 Surabaya, dan SMKN 5 Malang);

b.     Sekolah berasrama (SMA Negeri Taruna Jawa Timur),

c.      SMA Terbuka di Jawa Timur;

d.     Sekolah di wilayah Blank Spot jaringan selular; dan

e.     Sekolah di daerah yang jumlah penduduk usia sekolah tidak dapat memenuhi ketentuan jumlah peserta didik dalam 1 (satu) rombongan belajar.

 

B.       JALUR PENDAFTARAN PPDB

 

Pendaftaran PPDB tahun pelajaran 2023/2024 dilaksanakan  melalui jalur sebagai berikut:

3.     JALUR PRESTASI HASIL LOMBA

 a.         Jalur Prestasi Hasil Lomba diperuntukkan bagi calon peserta didik jenjang SMA/SMK yang terdiri dari hasil lomba bidang akademik dan lomba bidang non akademik secara berjenjang atau tidak berjenjang yang diselenggarakan oleh Instansi Pemerintah atau Swasta di tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, dan tingkat Nasional serta tingkat Internasional;

b.        Kuota Jalur Prestasi Hasil Lomba sebanyak 5% (lima persen) dari pagu sekolah yang terbagi atas prestasi hasil lomba bidang akademik sebanyak 2% (dua persen), prestasi hasil lomba bidang non akademik, ketua OSIS, dan Hafidz Qur’an sebanyak 3% (tiga persen) dari pagu sekolah;

c.         Kuota ketua OSIS sebanyak 1 (satu) calon peserta didik baru untuk setiap SMA/SMK.

d.        Kuota Hafidz Qur’an sebanyak 1 (satu) calon peserta didik baru untuk setiap SMA/SMK.

e.         Dalam hal kuota jalur prestasi hasil lomba bidang akademik tidak terpenuhi, maka dapat dialihkan ke jalur prestasi hasil lomba bidang non akademik dan sebaliknya;

f.          Dalam hal kuota jalur prestasi hasil lomba belum terpenuhi, maka sisa kuota jalur prestasi hasil lomba dimasukkan dalam jalur afirmasi, dan/atau jalur perpindahan tugas orang tua/wali;

g.        Dalam hal kuota jalur pada tahap I belum terpenuhi, maka sisa kuota jalur tahap I dimasukkan dalam kuota jalur zonasi.

h.        Jalur prestasi hasil lomba bidang akademik dan/atau bidang non akademik, pada jenjang SMA calon peserta didik baru berasal dari dalam zona dan/atau luar zona yang berbatasan sesuai dengan domisili calon peserta didik, sedangkan pada jenjang SMK calon peserta didik baru dari dalam zona atau luar zona; Calon peserta didik baru jenjang SMA dapat memilih 1 (satu) sekolah dalam zona atau luar zona yang berbatasan, sedangkan pada jenjang SMK dapat memilih 1 (satu) kompetensi keahlian/konsentrasi keahlian di sekolah dalam zona atau luar zona;

i.          Prestasi hasil lomba bidang akademik dan/atau bidang non akademik yang dimaksud adalah:

1)     Prestasi hasil lomba bidang akademik terdiri dari: Pengetahuan dan Teknologi yang terdiri dari:

a)     Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau Kompetisi Sains Nasional (KSN);

b)     Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN);

c)     Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI);

d)     Kompetisi Sains Madrasah (KSM);

e)     Kompetisi Robotika; dan

f)      Lomba bidang akademik lainnya.

2)     Prestasi hasil lomba bidang Non Akademik terdiri dari:

a)     Prestasi bidang seni adalah Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

b)     Prestasi bidang olahraga:

·           Gala Siswa Indonesia (GSI);

·           Ajang Kompetensi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA);

·           Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN);

·           Pekan Olahraga Nasional (PON);

·           Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV);

·           Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS);

·           Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL);

·           Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA); dan

·           Paragames Olahraga Nasional.

c)     Prestasi bidang Keagamaan:

·           Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ)

·           Hafidz Qur’an


 

 

d)     Prestasi bidang Pramuka:

e)     Prestasi Lomba bidang non akademik lainnya.

3)     Delegasi Sekolah.

4)     Golden ticket bagi calon peserta didik baru yang pernah menjabat sebagai Ketua OSIS, dalam rangka menjaring calon peserta didik baru yang multi talenta dan memiliki jiwa kepemimpinan, untuk mencetak generasi yang tangguh dan berkarakter sebagai calon pemimpin di masa depan.

5)     Golden ticket bagi calon peserta didik baru penghafal Al- Qur’an, dalam rangka menjaring calon peserta didik baru yang memiliki jiwa spiritual, keimanan, dan ketaqwaan yang tinggi sebagai generasi muda yang berakhlak mulia.

j.       Prestasi hasil lomba dalam hal ini dibatasi dengan ketentuan:

1)     Prestasi hasil lomba diperuntukan bagi calon peserta didik baru yang memiliki prestasi pada kategori perorangan/ Individu dan/atau beregu/kelompok;

2)     Setiap hasil lomba dilakukan penskoran pada masing- masing lomba baik berjenjang individu/perorangan ataupun beregu/kelompok, dan tidak berjenjang individu/perorangan ataupun beregu/kelompok;

3)     Adapun prestasi yang bersifat beregu/kelompok maka jumlah yang diterima di 1 (satu) satuan pendidikan tidak boleh melebihi 2 (dua) orang dari setiap jenis perlombaan;

4)     Verifikasi dan legalisasi sertifikat atau piagam dilakukan oleh kepala sekolah SMP/sederajat asal atau pejabat yang berwenang untuk melakukan verifikasi dan legalisasi; dan

5)     Apabila di dalam sertifikat atau piagam tidak tertulis tingkat lomba, maka harus dilampiri surat keterangan dari Kepala Sekolah SMP/Sederajat asal, tentang tingkat lombanya.

h.     Prestasi/penghargaan diperoleh pada saat calon peserta didik bersekolah di jenjang SMP/Sederajat; dan

i.       Pemalsuan bukti atas prestasi/penghargaan sebagaimana dimaksud pada huruf (h) dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

III.    PELAKSANAAN PPDB

 

A.       PAGU CALON PESERTA DIDIK BARU

1.        Pagu calon peserta didik baru paling banyak 36 peserta didik dalam 1 (satu) Rombongan Belajar.

2.        Jumlah rombongan belajar dalam satuan pendidikan ditentukan sesuai dengan kapasitas sarana prasarana sekolah secara proporsional serta sesuai perundangan yang berlaku.

 

B.       TAHAPAN PENDAFTARAN

 

1.        Pengisian Nilai Rapor

Kepala Sekolah atau yang ditugasi Kepala Sekolah pada SMP/Sederajat mengisikan nilai rapor untuk mata pelajaran:

a.     Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (Mts/SMPK = nilai rata-rata agama)

b.     Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

c.      Bahasa Indonesia

d.     Matematika

e.     Ilmu Pengetahuan Alam

f.       Ilmu Pengetahuan Sosial

g.     Bahasa Inggris

pada kompetensi pengetahuan (KI-3) saja/Nilai Akhir (sesuai dengan format rapor yang digunakan di masing-masing SMP/Sederajat asal) dari semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) mulai 5 Juni 2023 sampai dengan 8 Juni 2023 secara online melalui situs rapor.ppdb.jatimprov.go.id.

2.        Verifikasi Nilai Rapor

Calon peserta didik baru memverifikasi nilai rapor yang telah diisikan oleh sekolah asal mulai 8 Juni 2023 sampai dengan 9 Juni 2023 secara online melalui situs ppdb.jatimprov.go.id.

3.        Pembetulan Nilai Rapor

Pembetulan nilai rapor (bagi calon peserta didik baru yang terdapat kesalahan entry) dilakukan oleh sekolah asal mulai 9 Juni 2023 sampai dengan 10 Juni 2023 secara online melalui situs rapor.ppdb.jatimprov.go.id.

4.        Pengambalian PIN

a.     Semua calon peserta didik baru mengambil PIN (Personal Identification Number) dan menentukan titik rumah dengan aplikasi geolokasi melalui situs ppdb.jatimprov.go.id


 

 

dimulai tanggal 12 Juni 2023 sampai dengan 2 Juli 2023 secara online.

b.     PIN dipergunakan untuk melakukan pendaftaran.

5.        Khusus calon peserta didik baru yang nilai rapornya belum dientrykan oleh SMP/Sederajat asal, dapat melakukan secara mandiri pada saat proses pengambilan PIN.

JADWAL PELAKSANAANklik di sini 

C.       TATA CARA PENGAMBILAN PIN

 

1.        Tata Cara Pengambilan PIN bagi Calon Peserta Didik Baru Lulusan Jatim Tahun 2023.

a)     Login ke situs ppdb.jatimprov.go.id dengan menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sekolah asal, NISN, dan Tanggal Lahir.

b)     Mengisi data dan mengunggah kartu keluarga (KK) dan/atau Surat Keterangan Domisili (SKD).

c)     Mengunggah Surat Keterangan Lulus (SKL)/Ijazah yang dikeluarkan oleh Kepala SMP/sederajat asal.

d)     Bagi calon peserta didik baru yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali, yaitu Pindah Tugas Orang Tua/Wali, wajib mengunggah SK mutasi/perpindahan tugas orang tua/wali yang diterbitkan oleh instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.

e)     Bagi calon peserta didik baru yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali dari Anak Guru/Tenaga Kependidikan, wajib mengunggah Surat Penugasan orang tua sebagai Guru atau Tenaga Kependidikan dari Kepala Sekolah SMA/SMK tempat bertugas.

f)      Bagi calon peserta didik baru yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali dari Anak Tenaga Kesehatan, wajib mengunggah Surat Keterangan dari atasan langsung rumah sakit/puskesmas tempat orang tuanya bertugas.

g)     Menentukan titik lokasi rumah.

h)     Saat login selanjutnya (setelah 2-3 hari), jika data sudah diverifikasi oleh operator SMA/SMK maka calon peserta didik dapat mengunduh PIN.

 

2.        Tata Cara Pengambilan PIN bagi Calon Peserta Didik Baru Lulusan Jatim Tahun 2023 yang nilai rapor tidak/belum diisikan oleh kepala sekolah SMP/Sederajat asal.

a)     Login ke situs ppdb.jatimprov.go.id dengan menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sekolah asal, NISN, dan Tanggal Lahir.

b)     Mengisi nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5 dan mengunggah foto rapor per semester.

c)     Mengisi data dan mengunggah Kartu Keluarga (KK) dan/atau Surat Keterangan Domisili (SKD).

d)     Mengunggah Surat Keterangan Lulus (SKL)/Ijazah yang dikeluarkan oleh Kepala SMP/sederajat asal.

e)     Bagi calon peserta didik baru yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali, yaitu Pindah Tugas Orang Tua/Wali, wajib mengunggah SK mutasi/perpindahan tugas orang tua/wali yang diterbitkan oleh instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.

f)      Bagi calon peserta didik baru yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali dari Anak Guru/Tenaga Kependidikan, wajib mengunggah Surat Penugasan orang tua sebagai Guru atau Tenaga Kependidikan dari Kepala Sekolah SMA/SMK tempat bertugas.

g)     Bagi calon peserta didik baru yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali dari Anak Tenaga Kesehatan, wajib mengunggah Surat Keterangan dari atasan langsung rumah sakit/puskesmas tempat orang tuanya bertugas.

h)     Menentukan titik lokasi rumah.

i)       Saat login selanjutnya (setelah 2-3 hari), jika data sudah diverifikasi oleh sekolah maka calon peserta didik dapat mengunduh PIN.

 

3.        Tata Cara Pengambilan PIN bagi Calon Peserta Didik Baru Luar Jatim atau Lulusan Jatim Sebelum Tahun 2023.

a)     Untuk Siswa Lulusan SMP luar Jatim, mengisi identitas pribadi: NISN, Nama siswa sesuai ijazah dalam kapital, dan nama sekolah asal sesuai ijazah.

b)     Untuk Siswa Lulusan SMP Jatim sebelum tahun 2023, mengisi identitas pribadi: NISN, Nama siswa sesuai Ijazah dalam huruf kapital, pilih sekolah asal yang ada dalam sistem.

c)     Mengisi nilai rapor semester 1 sampai semester 5 dan mengunggah foto rapor per semester.

d)     Untuk lulusan SMP/sederajat luar Jatim, mengisi nilai akreditasi dalam bentuk angka dari sekolah asal dan mengunggah foto sertifikat akreditasi.

e)     Mengisi data dan mengunggah Kartu Keluarga (KK) dan/atau Surat Keterangan Domisili (SKD).

f)      Mengunggah Ijazah yang dikeluarkan oleh Kepala SMP/sederajat asal.

g)     Bagi calon peserta didik baru yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali, yaitu Pindah Tugas Orang Tua/Wali, wajib mengunggah SK mutasi/perpindahan tugas orang tua/wali yang diterbitkan oleh instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.

h)     Bagi calon peserta didik baru yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali dari Anak Guru/Tenaga Kependidikan, wajib mengunggah Surat Penugasan orang tua sebagai Guru atau Tenaga Kependidikan dari Kepala Sekolah SMA/SMK tempat bertugas.

i)       Bagi calon peserta didik baru yang mendaftar melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali dari Anak Tenaga Kesehatan, wajib mengunggah Surat Keterangan dari atasan langsung rumah sakit/puskesmas tempat orang tuanya bertugas.

j)       Menentukan titik lokasi rumah.

k)     Sistem memberikan akun dan password untuk login selanjutnya (setelah 2-3 hari) agar dapat melihat hasil verifikasi petugas.

l)       Saat login selanjutnya (setelah 2-3 hari), jika data sudah diverifikasi oleh sekolah maka calon peserta didik dapat mengunduh PIN.

 

D.       TATA CARA PENDAFTARAN UNTUK CALON PESERTA DIDIK

 3.        Jalur Prestasi Hasil Lomba (SMA/SMK)

a)     Login ke situs ppdb.jatimprov.go.id dengan menggunakan NISN, Tanggal Penerbitan KK/SKD, dan PIN.

b)     Untuk SMA, memilih 1 (satu) sekolah yang dituju dalam zona atau luar zona yang berbatasan.

c)     Untuk SMK, memilih 1 (satu) kompetensi keahlian/konsentrasi keahlian di sekolah yang dituju dalam zona atau luar zona.

d)     Mengisi data prestasi/penghargaan dan mengunggah bukti dokumen prestasi/penghargaan.

e)     Mengunduh bukti pendaftaran.

 

E.       KRITERIA PEMERINGKATAN

 3.        Jalur Prestasi Hasil Lomba (SMA/SMK)

a)     Kriteria Pemeringkatan Jalur Prestasi Hasil Lomba (SMA/SMK)

Jalur Prestasi Hasil Lomba bidang Akademik dan Non Akademik, diperingkat berdasarkan urutan:

1)     Perolehan skor prestasi.

2)     Jika perolehan skor prestasi sama, maka diperingkat berdasarkan indeks sekolah asal.

3)     Jika perolehan skor prestasi dan indeks sekolah asal masih sama, maka diperingkat berdasarkan rerata nilai rapor.

4)     Jika perolehan skor prestasi, indeks sekolah asal, dan rerata nilai rapor masih sama, maka diperingkat berdasarkan usia calon peserta didik baru yang lebih tua

 

b)     Skor prestasi menggunakan penskoran berdasarkan:

1)     Prestasi Berjenjang Individu

 

 

JUARA

SKOR PRESTASI TINGKAT

KAB/KOTA

PROVINSI

NASIONAL

INTERNASIONAL

I

16

32

64

128

II

8

16

32

64

III

4

8

16

32


 2)     Prestasi Berjenjang Beregu

 

 

JUARA

SKOR PRESTASI TINGKAT

KAB/KOTA

PROVINSI

NASIONAL

INTERNASIONAL

I

8

16

32

64

II

4

8

16

32

III

2

4

8

16

 3)     Prestasi Tidak Berjenjang Individu

 

 

JUARA

SKOR PRESTASI TINGKAT

KAB/KOTA

PROVINSI

NASIONAL

INTERNASIONAL

I

8

16

32

64

II

4

8

16

32

III

2

4

8

16

 

4)     Prestasi Tidak Berjenjang Beregu

 

 

JUARA

SKOR PRESTASI TINGKAT

KAB/KOTA

PROVINSI

NASIONAL

INTERNASIONAL

I

4

8

16

32

II

2

4

8

16

III

1

2

4

8

 5)     Khusus Hafidz Qur’an (*), skoring sebagai berikut:

 

Jumlah Juz

Skor

5 s.d. 9

16

10 s.d. 19

32

20 s.d. 29

64

30

128

(*) Sertifikat dikeluarkan oleh Pondok Pesantren/Lembaga Tahfidzul Qur’an, dan dilegalisir oleh instansi yang berwenang.

c)     Golden ticket bagi calon peserta didik baru yang pernah menjabat sebagai Ketua OSIS, setiap SMA/SMK dengan kuota 1 (satu) calon peserta didik baru. Jika jumlah pendaftar dalam 1 (satu) SMA/SMK lebih dari 1 (satu) maka diperingkat dengan ketentuan seperti pada huruf a. Bukti pernah sebagai ketua OSIS adalah surat keterangan pernah menjadi ketua OSIS yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah  Asal.

d)     Golden ticket bagi calon peserta didik baru Hafidz Qur’an, setiap SMA/SMK dengan kuota 1 (satu) calon peserta didik baru. Jika jumlah pendaftar dalam 1 (satu) SMA/SMK lebih dari 1 (satu) maka diperingkat dengan ketentuan seperti pada nomor 5), jika hasil skor masih sama, maka diperingkat berdasarkan ketentuan seperti pada huruf a.

e)     Delegasi sekolah yang dikirim di tingkat Provinsi/Nasional/Internasional, skor dihitung dengan cara:

1)     Delegasi Individu, setara dengan Juara III Prestasi Tidak Berjenjang (individu) sesuai tingkatannya;

2)     Delegasi Beregu, setara dengan Juara III Prestasi Tidak Berjenjang (beregu) sesuai tingkatannya.

 F.       PENGUMUMAN DAN CETAK BUKTI PENERIMAAN

 1.        Pengumuman jalur PPDB yang meliputi Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/wali, Jalur Prestasi Hasil Lomba, Jalur Prestasi Nilai Akademik, dan Jalur Zonasi, diumumkan melalui aplikasi PPDB online pada situs ppdb.jatimprov.go.id. sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

2.        Peserta didik yang telah diterima, tidak dapat mendaftar di tahap dan jalur berikutnya.

3.        Peserta didik yang telah diterima di sekolah pilihannya sesuai jalur yang dipilih, wajib melakukan cetak bukti pendaftaran melalui situs ppdb.jatimprov.go.id. sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

4.        Peserta didik yang telah diterima dan telah melakukan cetak bukti pendaftaran, wajib melaksanakan proses daftar ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan.

 

 G.      TATA CARA DAFTAR ULANG

 

1.        Daftar ulang dilaksanakan secara offline di sekolah tempat diterima/tujuan, sesuai jadwal yang telah ditentukan.

2.        Peserta didik yang telah diterima wajib menyerahkan bukti penerimaan, foto copy Ijazah atau Surat Keterangan Lulus yang dikeluarkan oleh sekolah asal dan menunjukkan dokumen aslinya, foto copy KK/SKD dan menunjukkan dokumen aslinya, serta dokumen lain yang telah ditentukan oleh sekolah tempat diterima/tujuan.

3.        Proses daftar ulang bagi peserta didik baru dilaksanakan secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan.

4.        Daftar ulang calon peserta didik baru tidak dipungut biaya.

5.        Apabila ditemukan pemalsuan pengisian data dan/atau dokumen, maka akan diproses sesuai dengan aturan hukum yang berlaku dan dicabut haknya sebagai peserta didik baru.

 

Lebih lengkap silahkan unduh Petunjuk Teknis PPDB SMAN/SMKN Jawa Timur Tahun Ajaran 2023/2024, klik di sini  


Semoga bermanfaat

#klikspenduta #ppdbjatim #ppdbjatim2023 #ppdbsman #ppdbsmkn #ppdbsmanjatim #ppdbsmknjatim

#ppdbsmanjatim2023 #ppdbsmknjatim2023 #ppdbjawatimur #ppdbjawatimur2023

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Arsip Blog