Ujian Telah Tiba . . . .

UJIAN  TELAH TIBA…. KINI TELAH TIBA…
HORE .. HORE .. HORE !!!,

    Ya… ujian nasional sudah tiba !!!, momen yang kita tunggu telah ada dihadapan kita beberapa hari lagi, dan sekolah telah mengantarkan kita melalui berbagai program, baik berupa bimbel  intensif, try out, klinic belajar sampai dengan Parenting Education.
 Mayoritas kita menyatakan “Siap tempur” menghadapi ujian, namun sebagian juga menyatakan  perasaan takut, nerveus,stress, bahkan ada yang mengalami depresi ringan seperti “ mimpi buruk seputar UNAS” . Terlebih dengan adanya perubahan mekanisme yang berlaku tahun ini  ( soal & LJUN yang  menyatu disertai Barcode dan 20 paket soal).
Jika kita menengok ke belakang, rasanya waktu-waktu kita sudah penuh dengan kegiatan belajar baik di dalam maupun di luar sekolah, bahkan kalau mau jujur,  kadang kita didera rasa “Jenuh dan lelah dengan berbagai kegiatan belajar”, tapi faktanya mengapa saat ujian tiba, rasa cemas itu hadir ????. Sebenarnya bila sepanjang waktu kita sudah belajar secara rutin, mestinya kita tidak perlu dihantui perasaan - perasaan negative. Kita harus yakin dan percaya bahwa dengan ridhloNYA “ KITA PASTI BISA” . Nah menjelang ujian ini, barangkali kita dapat menyimak beberapa tips berikut ini:
1.    Pastikan bahwa kondisi kita benar- benar prima untuk belajar, dengan cara pola makan sehat, olah raga ringan secara teratur, dan tidur yang cukup. Jika ada masalah yang mengganjal segera selesaikan, jangan dibiarkan berlarut- larut, karena masalah emosi juga sangat menguras energi.
2.    Lakukan manajemen emosi dengan cara “ Be Your Self, Self Confidence, and Positive Thinking terhadap persoalan apapun, dan bangunlah sikap 4 K ( Kesadaran, Kesungguhan,Keterbukaan, dan Kesediaan)
3.    Buat rencana belajar yang rutin dan laksanakan secara disiplin, jangan lupa berikan jeda waktu untuk istirahat sejenak pada setiap pergantian bahan belajar.
4.    Kuasai dan terapkan keterampilan belajar. Mulai dari gaya belajar, konsentrasi terfokus,  peta pikiran (mind mapp ),  membaca cepat, catatan TS ( Tulis Susun), simbol- simbol, dan teknik mengingat.
5.    Untuk dapat berkonsentrasi, usahakan meminimalisir penggunaan HP, BB, maupun tablet. Karena gangguan utama kita saat ini justru datang dari SMS, telp, BB, WA, twiter, face book dsb.
6.    Pada malam menjelang esok ujian, lakukan review, repetion, recall, and question pada materi sesuai jadwal ujian, serta siapkan semua perlengkapan  yang diperlukan baik seragam, sepatu, transportasi, alat tulis, penghapus, kartu ujian, pemes pemotong LJUN, dsb.
7.    Pagi menjelang berangkat, asuplah sarapan secukupnya, periksa kembali peralatan ujian, dan berangkatlah 1 jam lebih awal agar kondisi psikhis lebih tenang dan siap.
8.    Pada jam pelaksanaan ujian, perhatikan dan ikuti panduan pengawas. Periksa soal dan LJUN secara cermat, jika ada kerusakan segera melapor kepada pengawas.
9.    Untuk menjawab soal, perhatikan waktu. Jangan tergesa-gesa, kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, jangan terjebak/terhenti pada soal yang sulit.
10.    Mohon do’a restu kepada orang tua atau yang dituakan.
11.    Bersujud dan berdoalah kepada Alloh SWT sang pemilik hidup, sang penggenggam jiwa, karena sesungguhnya DIA selalu bersama kita. Amin.(eNeR)


Share:

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Arsip Blog